Jumat, 15 November 2019

BEBERAPA ALAT PEMASARAN DIGITAL MARKETING YANG TERBAIK


5 alat digital marketing terbaik untuk memahami pelanggan anda

Image result for MARKETING

Dalam dunia pemasaran, kemampuan mendengarkan dan memahami apa yang dibutuhkan oleh konsumen merupakan salah satu hal yang sangat krusial, termasuk pada dunia pemasaran digital. Membangun hubungan baik dengan konsumen, mengajaknya berbicara secara pribadi akan sangat membantu pebisnis dalam memahami dan memasarkan produk kepada mereka. 
Hal yang sama bisa dilakukan dalam pemasaran digital yaitu dengan pemanfaatan data. Dalam pemasaran digital, data menjadi faktor utama untuk memahami, mengukur dan menjadikan landasan untuk menjalankan strategi pemasaran. 
Menurut sebuah laporan oleh Econsultancy dan IBM, 33 persen dari pemasar top yang disurvei mengatakan bahwa, memiliki teknologi yang tepat untuk pengumpulan dan analisis data adalah kunci untuk memahami pelanggan Anda.
Berikut adalah lima alat pemasaran digital teratas yang dapat Anda gunakan juga untuk lebih memahami pelanggan Anda yang dilansir dari entrepreneur.com

1.      Survey Monkey

Jika Anda ingin tahu lebih banyak tentang pelanggan Anda, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah berbicara dengan mereka secara langsung. Tetapi jika pertemuan tatap muka tak bisa dilakukan, survei adalah hal terbaik berikutnya. Dengan SurveyMonkey, Anda dapat membuat survei untuk mengukur pendapat pelanggan tentang produk dan merek Anda secara keseluruhan.

SurveyMonkey memberi Anda kemampuan untuk terlibat dengan pelanggan Anda secara langsung dan mendapatkan umpan balik tentang cara meningkatkannya. Pastikan Anda mengajukan pertanyaan terbuka sehingga pelanggan Anda dapat merespons dengan jawaban mereka sendiri. Anda akan mendapatkan insights atau wawasan berharga dari apa yang mereka katakan kepada Anda, yang kemudian dapat Anda tindak lanjuti untuk meningkatkan merek Anda.

2.      Google Analytics

Jika hanya ada satu alat dari daftar ini yang Anda putuskan untuk digunakan, Google Analytics tampaknya harus menjadi pilihan Anda. Google Analytics adalah alat analisis yang dapat melacak lalu lintas pengunjung yang datang ke situs web Anda dan kinerja setiap halaman web.

Google Analytics memberi Anda data tentang bagaimana pelanggan berinteraksi dengan merek Anda. Apakah ada satu halaman di situs web Anda yang paling sering dikunjungi? Jenis konten apa yang paling menarik pengunjung? Dengan menjawab pertanyaan ini, Anda dapat mempelajari tentang suka, tidak suka, dan preferensi pelanggan.

Dengan Google Analytics, Anda juga dapat menemukan informasi seperti berapa lama pengunjung menghabiskan waktu di situs web Anda, sebaran geografis mereka dan dari mana mereka berasal sebelum mereka mendarat di situs Anda. Dan bagian terbaik tentang Google Analytics? Bisa digunakan secara gratis!

3.      Google Trends

Apa yang diketikkan orang ke Google dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang kebutuhan mereka. Dengan Google Trends, Anda dapat mengidentifikasi dan mempelajari tentang istilah pencarian yang digunakan calon pelanggan Anda.

Alat ini memberi tahu Anda seberapa populer kata kunci penelusuran tertentu dan bagaimana popularitas kata kunci berubah seiring waktu. Google Trends juga memungkinkan Anda untuk melihat istilah dan topik penelusuran terkait, yang dapat mengungkapkan peluang baru untuk bisnis Anda.

4.      Hootsuite

Menurut eMarketer, hampir sepertiga penduduk dunia menggunakan media sosial secara teratur. Dan belakangan ini, media sosial tidak hanya untuk terhubung dengan teman - ini juga untuk terhubung dengan bisnis. Bisnis Anda mungkin sudah memiliki kehadiran media sosial; setidaknya itu seharusnya. Tetapi seberapa sering Anda memperhatikan apa yang dikatakan orang tentang merek Anda di media sosial?

Dengan alat seperti Hootsuite, Anda dapat mengelola jejaring sosial Anda semua di satu tempat dan melacak siapa saja yang menyebutkan merek Anda. Anda dapat menyiapkan pengaturan untuk menyebutkan nama perusahaan Anda, pesaing Anda, dan industri Anda secara umum. Dengan cara ini, Anda dapat memanfaatkan percakapan yang relevan yang dialami pelanggan dan belajar dari mereka.

5.      Salesforce

Menurut HubSpot, 40 persen tenaga penjualan menggunakan cara informal, seperti Microsoft Excel atau Outlook, untuk menyimpan prospek dan data pelanggan. Dengan data yang disimpan di alat yang tidak memadai dan di banyak tempat, mudah bagi hal-hal menjadi tidak terorganisir dan bahkan hilang.

Namun, sistem berbasis cloud seperti Salesforce memungkinkan Anda mengelola semua data pelanggan di satu tempat. Anda dapat menyimpan informasi kontak dan catatan tentang interaksi Anda dengan pelanggan, dan bahkan mengirim email dari platform.

Dengan Salesforce, Anda dapat memastikan bahwa semua informasi yang Anda kumpulkan tentang pelanggan Anda disimpan bersama. Ini memungkinkan Anda untuk melihat gambaran secara keseluruhan dan memiliki pemahaman yang jelas dan menyeluruh tentang pelanggan Anda.

sumber : elshinta.com

0 komentar:

Posting Komentar