Jumat, 06 Desember 2019

ALASAN TOKO ONLINE LEBIH DIMINATI DAN KEUNTUNGAN BISNIS ONLINE

Mengapa Toko Online Sering Diminati?

Anda pasti sudah tidak asing dengan bisnis toko online? Hal ini dikarenakan perkembangan bisnis online meningkat sangat drastis sejak beberapa tahun belakangan. Hampir semua orang mencoba berjualan produk-produk di toko online dari mulai produk makanan, minuman, pakaian, sepatu dan masih banyak lainnya. Salah satu alasan menjamurnya bisnis toko online saat ini tentu karena tingginya minat konsumen dalam memberi barang-barang dengan mudah dan efisien. Ada beberapa hal yang menyebabkan orang-orang lebih menyukai berbelanja barang di toko online dibandingkan dengan toko offline saat ini. Beberapa alasannya akan diulas di bawah ini.
belanja-online

Survey: Di Indonesia, wanita mendominasi pasar toko online hingga 87%.
Alasan pertama toko online lebih diminati adalah karena produk-produk yang ditawarkan lebih beragam, baik dari segi jenis ataupun harganya. Persaingan antara toko online satu dengan yang lain membuat produk yang ditawarkan lebih banyak dan beragam untuk menarik minat konsumen dibandingkan dengan toko offline yang cenderung monoton. Ketidakterbatasan waktu dan tempat juga membuat penjual menjadi lebih bebas dalam menghadirkan beragam produk-produk terbarunya. Peluang yang didapatkan juga akan lebih besar karena media sosial mampu menjangkau pasar lebih luas sehingga produk tersebut bisa diketahui oleh beragam kalangan di berbagai tempat baik jauh maupun dekat, bahkan hingga ke pelosok tanah air.

Alasan kedua adalah karena harga produk-produk yang ditawarkan lebih murah. Berjualan di toko online tidak membutuhkan modal yang terlalu besar karena tidak perlu menyewa tempat, membayar listrik, air dan lain sebagainya. Hal ini menjadi salah satu penyebab mengapa harga jual barang-barang di toko online lebih rendah dibandingkan dengan toko offline. Alasan berikutnya adalah dengan berjualan via media sosial, penjual bisa dengan mudah mengenali kebiasaan konsumen sehingga mampu menyiasati bahkan menekan biaya produksi. Dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan, tentu harga barang yang ditawarkan juga lebih bersahabat dan terjangkau.
Alasan ketiga adalah karena waktu berbelanja menjadi lebih fleksibel. Waktu menjadi hal yang sangat berharga. Kebanyakan pelanggan toko online adalah orang-orang sibuk yang tidak punya waktu luang banyak akibat pekerjaan. Dengan berbelanja di toko online, keterbatasan waktu bukan menjadi masalah karena pembeli bisa bebas memilih barang-barang yang dibutuhkan kapan pun dan di manapun. Cara membelinya juga cukup mudah, memilih barang berdasarkan gambar dan informasi yang diberikan penjual. Setelah itu, pembeli hanya perlu membayarnya dengan transfer via rekening dan tinggal menunggu barang datang.

Mengapa Bisnis Online Itu Menguntungkan




Bisnis Online yang menguntungkan
Banyak orang mempertanyakan, apakah dengan menjalankan bisnis online dapat memberikan untung yang besar? Tentu saja iya. Banyak manfaat dan kemudahan apabila Anda menjalankan bisnis online yang menguntungkan ini. Salah satu manfaat yang dapat dilihat adalah, Anda dapat menambah pendapatan Anda, tanpa harus meninggalkan pekerjaan tetap Anda. Ini artinya, bisnis online dapat Anda kerjakan di rumah sembari melakukan kegiatan lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat bisnis online yang menguntungkan Anda!
Keuntungan 1: Mengatasi Keterbatasan Geografis
Jika Anda memiliki toko offline, maka Anda akan dibatasi dengan wilayah geografis. Artinya, jaringan pemasaran Anda akan terbatas. Berbeda halnya ketika Anda berbisnis dengan cara online. Dengan bisnis online, maka jangkauan pasar Anda tak terbatas. Dengan jangkauan internet, Anda dapat memasarkan produk yang Anda jalankan hingga mungkin ke luar negeri sekali pun. Tentunya dengan bisnis online yang menguntungkan ini, akan membuat Anda lebih bisa menjual produk yang lebih banyak dan membesarkan usaha Anda.
Keuntungan 2: Anda Dapat Memulainya dengan Modal Terbatas
Dengan memulai bisnis online, Anda tidak perlu membutuhkan banyak modal. Dengan hanya bermodalkan komputer atau laptop lengkap dengan internet, maka Anda sudah bisa menjalankannya. Mungkin Anda masih bertanya-tanya, lalu apa produk yang dijual online? Untuk produk, Anda bisa menggunakan sistem dropship. Singkatnya, dropship sendiri adalah sistem di mana Anda meminta seller atau supplier untuk mengirimkan barang ke customer. Untuk lebih jelasnya, dropship akan dibahas pada kesempatan yang lain. Anda juga tak perlu repot-repot membuat website dengan domain berbayar. Hanya dengan memaksimalkannya melalui media sosial, Anda dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.
Keuntungan 3: Bisa Dipelajari Otodidak Tanpa Mempermasalahkan Latar Belakang
Email Marketing copy
Banyak orang menganggap, pengusaha sukses dilatarbelakangi dengan pendidikan yang sukses di bidangnya. Padahal belum tentu, misalnya ketika menjalankan bisnis online. Ada tidak diharuskan untuk mempunyai latar belakang yang expert di bidang ini. Secara otodidak, Anda pun bisa mempelajarinya melalui informasi-informasi yang telah ada. Syarat untuk menjadi pengusaha yang sukses adalah gigih. Gigih untuk membangun segala sesuatunya dari nol hingga akhirnya mencapai kesuksesan tertinggi.
Keuntungan 4: Mendapatkan Customer Baru Hanya dengan Search Engine
Dengan memulai bisnis online, Anda tak perlu melakukan pemasaran secara langsung. Customer baru akan Anda dapatkan dengan cara-cara yang mudah. Alasan pembelian produk secara retail didorong oleh sebuah merek dan hubungan baik antara Anda dengan customer. Selain dua ini, bisnis online juga didorong oleh traffic dari mesin pencari (search engine) dan juga desain menarik pada website. Ini erat kaitannya, dengan memaksimalkan SEO untuk menaikan peringkat Anda dalam mesin pencari.
Keuntungan 5: Menghemat Biaya
Salah satu alasan mengapa bisnis online sangat menguntungkan adalah, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk iklan dan strategi pemasaran Anda. Untuk melakukannya tanpa banyak biaya, Anda dapat mengoptimalkan SEO, menerapkan Pay Per Click, dan juga memanfaatkan media sosial. Ketiga poin ini, akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Bukan hanya itu, bisnis online yang menguntungkan ini juga tidak membutuhkan banyak karyawan untuk posisi kasir dan proses operasional lainnya. Anda juga tidak usah repot untuk menyediakan tempat khusus untuk Anda jadikan sebagai toko untuk berjualan.
Keuntungan 6: Membantu Menyediakan Barang Lebih Cepat
Produk Cepat
Jika Anda meragukan peluang bisnis online, maka Anda perlu mengenal bisnis ini lebih jauh. Dengan menjual produk-produk Anda secara online, maka hal tersebut akan memudahkan banyak orang untuk menemukan produk yang dicarinya dengan lebih cepat.        Jika ingin membeli produk yang diinginkan, customer dapat menggunakan kotak pencarian dan mempersempit pencarian produk yang diinginkan. Hanya dengan sekali klik, maka produk yang diinginkan akan masuk ke keranjang belanja.
Keuntungan 7: Efisiensi Waktu dan Biaya Perjalanan
Terbayang ‘kan jika Anda bermaksud membeli produk tertentu secara offline, namun produk tersebut sangat sulit ditemukan. Coba perhitungkan berapa jam waktu yang Anda habiskan untuk mencari barang tersebut dari satu toko ke toko lainnya. Belum lagi, biaya yang Anda keluarkan untuk akomodasi. Berbeda halnya ketika Anda berbelanja secara online. Dengan hanya memasukan kata kunci untuk produk yang Anda cari, maka dengan cepat akan Anda temukan. Kemudahan inilah yang membuat bisnis online menguntungkan untuk Anda. Peluang inilah yang membuat bisnis ini dilirik oleh banyak orang.
Keuntungan 8: Memberikan Perbandingan Harga dengan Lebih Cepat
Dari sudut pandang customer, bisnis online adalah surga belanja yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun dengan lebih cepat. Namun bukan hanya itu, dengan melakukan pembelian secara online, maka Anda dapat lebih cepat membandingkan harga produk dari satu toko online dengan banyak toko online lainnya. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk membeli produk yang Anda butuhkan, dengan harga yang tepat.
Keuntungan 9: Perbanyak Income, Bahkan Anda Akan Dibayar dalam Dollar
Dibayar Dollar Pull
Jika Anda memasarkan produk yang tepat, maka Anda pun akan berhasil memperoleh pendapatan yang lebih banyak. Terlebih, jika Anda mempunyai toko online dengan menggunakan lebih dari satu bahasa. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan customer dari luar negeri. Artinya, Anda bukan lagi mendapatkan pendapatan dengan mata uang Rupiah, melainkan Anda akan dibayar dengan Dollar.
Keuntungan 10: Anda dapat Menjadi Bos untuk Diri Anda Sendiri
Jika selama ini Anda adalah seorang pegawai, maka wajib bagi Anda untuk menuruti semua perintah bos Anda. Tapi, bagaimana jika Anda menjadi bos untuk diri Anda sendiri? Ya, dengan memulai bisnis online, maka Anda tak perlu repot-repot untuk menuruti perintah dari atasan. Karena, Anda sendirilah pegawai sekaligus bosnya. Itulah alasan mengapa bisnis online yang menguntungkan ini dilirik oleh banyak orang dan dianggap menjanjikan.
Dengan berbagai kemudahan dan peluang yang ditawarkan oleh bisnis online, masihkah Anda meragukan bahwa bisnis ini tidak menjanjikan bagi Anda? Tentunya dengan informasi-informasi di atas, Anda dapat memulai bisnis online yang menguntungkan.

0 komentar:

Posting Komentar