Indonesia,
negara ke 4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, sekitar 255 juta
penduduk
dengan penetrasi internet 28% atau sekitar 71 juta orang yang terhubung dengan
internet.
Dengan pengguna mobile 121% atau sekitar 308 juta dan 62 juta pengguna mobile
tersebut
aktif bersosial media. Maka dari itu digital marketing berkembang di
Indonesia.
Dengan
informasi diatas, tentunya kita tidak bisa lagi menganggap digital marketing
hanya sebagai kanal pelengkap strategi marketing/pemasaran perusahaan/bisnis
kita apalagi mengacuhkannya begitu saja, digital marketing harus sudah menjadi
bagian wajib dari strategi marketing/pemasaran perusahaan/bisnis anda.
Berikut
adalah 9 alasan kenapa anda harus melakukan digital marketing untuk
perusahaan/bisnis anda:
- Pelanggan dan
calon pelanggan bisnis anda ada di digital media.
Pelanggan
dan calon pelanggan anda kini menghabiskan lebih banyak waktu di digital media,
mereka menghabiskan waktu sekitar 5 jam 6 menit berselancar di internet dengan
komputer desktop maupun tablet, 3 jam 10 menit via mobile, 2 jam 52 menit di
sosial media dan hanya 2 jam 29 menit menonton televisi setiap harinya.
- Pelanggan dan
calon pelanggan anda sangat aktif di sosial media.
Pengguna
internet user di Indonesia sangat menyukai sosial media, mereka menghabiskan
waktu 2 jam 52 menit setiap harinya untuk update status, checkin, selfie,
love, like, share, comment atau sekedar memantau kegiatan teman-temannya.
- Pelanggan anda
melakukan riset pembelian dan transaksi pembelian di digital media.
Sekitar
18% internet user di Indonesia melakukan riset pembelian melalui komputer dan
11% melalui mobile phone, sementara 16% internet user melakukan transaksi
pembelian melalui komputer dan 9% nya melakukan transaksi pembelian melalui
mobile.
- Investasi lebih
fleksibel.
Dengan
digital marketing anda bisa memulai dengan budget berapa saja, dari budget
seribu perak hingga milyaran perhari, investasi digital marketing bisa
disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan/bisnis anda.
- Digital
marketing bisa dimulai kapan saja.
Berbeda
dengan tradisional marketing, untuk proses digital marketing terbilang sangat
cepat, dimana anda bisa memulai kampanye iklan digital anda dalam waktu
beberapa jam ke depan saja selama anda sudah mempunyai sebuah website dan pesan/iklan
anda.
- Pentargetan yang
lebih spesifik ke calon pelanggan anda.
Tradisional
marketing di tradisional media seperti TV & billboard itu bisa diibaratkan
seperti bom atom, harapannya sekali tembak banyak yang kena, sementara digital
marketing itu seperti senapan sniper, dimana anda bisa benar-benar menargetkan
dengan lebih spesifik berdasarkan profile umur, gender, lokasi, waktu,
kebiasaan berselancar di online, ketertarikan terhadap sesuatu, perangkat yang
digunakan, jenis jaringan seluar dan lainnya.
- Pengukuran
digital marketing lebih akurat dan lengkap.
Kelebihan
digital marketing dengan digital media yang paling utama adalah dalam hal
pengukuran hasil kampanye digital marketingnya, dimana pengukuran hasil
kampanye dapat dilakukan dengan berbagai macam tools untuk mendapatkan hasil
yang akurat dengan menggunakan tracking scripts, pixel, tag hingga Google
analytics. Metrik pengukurannya pun sangat lengkap dimana anda bisa mengukur
seberapa banyak iklan anda ditampilkan, seberapa banyak yang tertarik membaca
dan mengklik iklan anda, seberapa banyak yang mengisi informasi, mengunduh
aplikasi, memutar video dan hal-hal penting lainnya seperti demografi dan
interest.
- Optimisasi
digital marketing bisa dilakukan setiap saat.
Dengan
pengukuran yang akurat dan lengkap, maka anda juga bisa melakukan optimisasi
dengan lebih cepat, anda bisa melakukan optimisasi setiap hari bahkan dalam
beberapa jam kedepan ketika diperlukan, sehingga anda akan mendapatkan hasil
yang sangat maksimal di akhir periode kampanye.
- Digital media
bisa melakukan hal yang interaktif dengan pelanggan.
Dengan
teknologi yang semakin canggih, digital media kini bisa banyak melakukan
hal-hal yang interaktif dibanding tradisional media. Misalnya anda bisa
melakukan digital marketing yang meminta user untuk bermain game di online
maupun mobile, anda bisa meminta mereka menonton video dimana mereka bisa
memilih alur ceritanya sendiri, atau bahkan anda bisa melakukan integrasi media
online ke offline seperti menukarkan promo diskon anda via mobile ke toko
offline bisnis anda maupun hal-hal canggih lainnya.
Sekarang
apakah anda masih ragu untuk memulai digital marketing? Atau anda mempunyai
alasan lain untuk melakukan digital marketing?
sumber :bigevo
0 komentar:
Posting Komentar