Jumat, 15 November 2019

ALASAN HAL-HAL YANG MENARIK DALAM DIGITAL MARKETING


Indonesia, negara ke 4 dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, sekitar 255 juta penduduk

dengan penetrasi internet 28% atau sekitar 71 juta orang yang terhubung dengan internet.
Dengan pengguna mobile 121% atau sekitar 308 juta dan 62 juta pengguna mobile tersebut
aktif bersosial media. Maka dari itu digital marketing berkembang di Indonesia.

Dengan informasi diatas, tentunya kita tidak bisa lagi menganggap digital marketing hanya sebagai kanal pelengkap strategi marketing/pemasaran perusahaan/bisnis kita apalagi mengacuhkannya begitu saja, digital marketing harus sudah menjadi bagian wajib dari strategi marketing/pemasaran perusahaan/bisnis anda.
Berikut adalah 9 alasan kenapa anda harus melakukan digital marketing untuk perusahaan/bisnis anda:
  1. Pelanggan dan calon pelanggan bisnis anda ada di digital media.
Pelanggan dan calon pelanggan anda kini menghabiskan lebih banyak waktu di digital media, mereka menghabiskan waktu sekitar 5 jam 6 menit berselancar di internet dengan komputer desktop maupun tablet, 3 jam 10 menit via mobile, 2 jam 52 menit di sosial media dan hanya 2 jam 29 menit menonton televisi setiap harinya.
  1. Pelanggan dan calon pelanggan anda sangat aktif di sosial media.
Pengguna internet user di Indonesia sangat menyukai sosial media, mereka menghabiskan waktu 2 jam 52 menit setiap harinya untuk update status, check­in, selfie, love, like, share, comment atau sekedar memantau kegiatan teman­-temannya.
  1. Pelanggan anda melakukan riset pembelian dan transaksi pembelian di digital media.
Sekitar 18% internet user di Indonesia melakukan riset pembelian melalui komputer dan 11% melalui mobile phone, sementara 16% internet user melakukan transaksi pembelian melalui komputer dan 9% nya melakukan transaksi pembelian melalui mobile.
  1. Investasi lebih fleksibel.
Dengan digital marketing anda bisa memulai dengan budget berapa saja, dari budget seribu perak hingga milyaran perhari, investasi digital marketing bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan perusahaan/bisnis anda.
  1. Digital marketing bisa dimulai kapan saja.
Berbeda dengan tradisional marketing, untuk proses digital marketing terbilang sangat cepat, dimana anda bisa memulai kampanye iklan digital anda dalam waktu beberapa jam ke depan saja selama anda sudah mempunyai sebuah website dan pesan/iklan anda.
  1. Pentargetan yang lebih spesifik ke calon pelanggan anda.
Tradisional marketing di tradisional media seperti TV & billboard itu bisa diibaratkan seperti bom atom, harapannya sekali tembak banyak yang kena, sementara digital marketing itu seperti senapan sniper, dimana anda bisa benar­-benar menargetkan dengan lebih spesifik berdasarkan profile umur, gender, lokasi, waktu, kebiasaan berselancar di online, ketertarikan terhadap sesuatu, perangkat yang digunakan, jenis jaringan seluar dan lainnya.
  1. Pengukuran digital marketing lebih akurat dan lengkap.
Kelebihan digital marketing dengan digital media yang paling utama adalah dalam hal pengukuran hasil kampanye digital marketingnya, dimana pengukuran hasil kampanye dapat dilakukan dengan berbagai macam tools untuk mendapatkan hasil yang akurat dengan menggunakan tracking scripts, pixel, tag hingga Google analytics. Metrik pengukurannya pun sangat lengkap dimana anda bisa mengukur seberapa banyak iklan anda ditampilkan, seberapa banyak yang tertarik membaca dan meng­klik iklan anda, seberapa banyak yang mengisi informasi, mengunduh aplikasi, memutar video dan hal-hal penting lainnya seperti demografi dan interest.
  1. Optimisasi digital marketing bisa dilakukan setiap saat.
Dengan pengukuran yang akurat dan lengkap, maka anda juga bisa melakukan optimisasi dengan lebih cepat, anda bisa melakukan optimisasi setiap hari bahkan dalam beberapa jam kedepan ketika diperlukan, sehingga anda akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal di akhir periode kampanye.
  1. Digital media bisa melakukan hal yang interaktif dengan pelanggan.
Dengan teknologi yang semakin canggih, digital media kini bisa banyak melakukan hal-hal yang interaktif dibanding tradisional media. Misalnya anda bisa melakukan digital marketing yang meminta user untuk bermain game di online maupun mobile, anda bisa meminta mereka menonton video dimana mereka bisa memilih alur ceritanya sendiri, atau bahkan anda bisa melakukan integrasi media online ke offline seperti menukarkan promo diskon anda via mobile ke toko offline bisnis anda maupun hal­-hal canggih lainnya.

Sekarang apakah anda masih ragu untuk memulai digital marketing? Atau anda mempunyai alasan lain untuk melakukan digital marketing?

sumber :bigevo 

0 komentar:

Posting Komentar