Promosi sebuah produk
atau jasa kini semakin maju dan mudah dilakukan semenjak populernya sosial
media. Semenjak kehadiran media sosial untuk promosi, promosi bisnis tidak lagi
dilakukan via radio, media cetak atau televisi. Saat ini dapat disebut era digital
dimana media online merupakan wadah yang populer dimanfaatkan untuk
mempromosikan sebuah bisnis.
Hadirnya sosial media
yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan
promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa
modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog,
sosial media dan sifatnya yang global, real time dan praktis membuat kegiatan
promosi usaha Anda akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir
tidak terbatas.
Lantas apa saja media
online yang mantap untuk dijadikan media promosi handal untuk bisnis Anda,
berikut ulasannya:
1.
Facebook
Media sosial satu ini
masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan
keluarga. Keberadaan mereka menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi
media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di
situs bisnis. Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif
mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis
yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi
produk.
Tidak jarang juga bisnis
yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana
cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman
utama Facebook Anda menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik
yang membuat calon konsumen memberikan Like. Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus
Anda dapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target
pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman
Facebook Anda. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.
2. Twitter
Selain Facebook, Twitter
juga menjadi salah satu media sosial online yang banyak digunakan sebagai media
bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk bisa berbagai status yang
terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang
cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh
pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah
mengakses microweb satu ini.
Beberapa cara untuk
memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan
memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan
situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk
meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online
lainnya.
3. Instagram
Nampaknya media sosial
satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena
bisa menampakkan foto produk juga karena caption yang bisa ditulis dengan lebih
panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas
dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di
kalangan anak muda. Inilah kesempatan bagi Anda untuk mempromosikan produk dan
bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media
sosial ini. Hashtag adalah salah satu
kekuatan promosi yang luar biasa jika Anda menggunakan
Instagram sebagai media bisnis. Selain itu, aktif berinteraksi dengan para
pelanggan juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh
perhatian lebih pada bisnis Anda.
4. Path
Path awalnya dikenal
sebagai media sosial yang eksklusif karena keterbatasan jumlah teman yang bisa
ditambahkan pada akun ini. Meskipun begitu, bukan berarti akun ini tidak bisa
dijadikan media promosi dan pemasaran online. Dailybeautyhouse merupakan salah
satu bisnis yang melengkapi promosi mereka dengan menggunakan Path. Bisa
dikatakan bahwa Path merupakan bentuk private dari Facebook dan Twitter namun
bukan berarti media sosial satu ini tidak bisa memberikan Anda kesempatan
memperluas jaringan dan pasar.
5. Kaskus
Media sosial satu ini
tidak perlu diragukan lagi kemampuannya dalam mempromosikan produk. Kaskus
dikenal sebagai market place yang banyak digunakan untuk berjualan dan dianggap
sebagai media sosial paling ampuh untuk berbisnis terlebih dengan hadirnya
Forum Jual Beli. Memang perlu Anda ketahui bahwa tidak mudah melakukan promosi
dan bisnis di Kaskus karena banyaknya penipuan dari bisnis online yang bermula
di media sosial ini namun bukan berarti tidak mungkin Kaskus dijadikan media
bisnis yang ampuh.
6. Google+
Media sosial pesaing Facebook yang bisa menjadi
media promosi dan pemasaran online Anda adalah Google+. Dengan menggunakan akun
ini, banyak pebisnis yang akhirnya mampu mempromosikan bisnis online mereka.
Tahukah Anda jika Youtube ternyata merupakan produk Google yang kini juga tidak
kalah ramai digunakan sebagai media promosi online? Beberapa cara mudah untuk
memaksimalkan penggunaan Google+ sebagai media bisnis online Anda adalah dengan
menyaring dan mengatur Gmail dengan Google+ Circles, membuat interaksi dengan
Hangouts, mengedit dokumen bersama dengan rekan, dan juga merencanakan serta
mengatur acara.
7. Market Place
Nah selain menggunakan
media sosial seperti yang disebutkan di atas, Anda juga bisa menggunakan
situs marketplace seperti OLX.co.id, tokobagus.com, elevenia.com, dan
lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki
halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk
mereka. Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun
membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan
dan mendapatkan lebih banyak konsumen.
8. Blog
Media satu ini memang
memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya
sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel
seputar bisnis dan produk toko online bahkan jika Anda mau memuat berita
terbaru mengenai toko online Anda dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih.
Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang
menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak
pelanggan.
9. Email Marketing
Email marketing dianggap sebagai metode kuno di
antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini.
Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan
promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan
berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.
10.
Youtube
Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005
ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui
video. Youtube merupakan salah satu website yang saat ini sangat diminati oleh
banyak orang dari segala golongan, usia dan jenis kelamin. Oleh karena
mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah
rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada
Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang
tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik
dan mengandung banyak keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar
kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video
terkait keywords keluar.
Perluas
Jaringan, Perbesar Keuntungan
Pintar dalam menggunakan
media sosial untuk promosi - termasuk melakukan kontak dengan calon konsumen
dan konsumen adalah kunci kesuksesan media online dalam memperluas jaringan dan
akhirnya memperbesar keuntungan bisnis. Dekatkan diri Anda dengan masyarakat
dengan cara menjadi teman bagi mereka, tidak hanya promosi namun juga bagikan
informasi terkait dengan bisnis yang menjadi minat konsumen. Dengan seperti ini
Anda tidak akan kesulitan lagi dalam mengiklankan produk dan mendapatkan
konsumen
0 komentar:
Posting Komentar