Jumat, 25 Oktober 2019

BELAJAR AFFILIATE MARKETING


Apa Itu Affiliate Marketing?


Affiliate marketing adalah cara mendapatkan uang dari internet yang akan saya bahas di artikel ini. Affiliate marketing memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang dari mempromosikan produk dengan kode referral. Keuntungan Anda dapatkan dari komisi penjualan jika ada yang membeli produk menggunakan kode referral Anda.



Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Pada dasarnya affiliate marketing adalah cara mendapatkan uang dengan cara mempromosikan produk yang Anda beli.


cara kerja affiliate marketing
Berikut langkah-langkah yang ditempuh untuk melakukan afiliasi
  1. Daftar Program Afiliasi
    Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan tertentu.
  2. Promosi Produk
    Anda mempromosikan produk dari perusahaan tersebut di blog dan media sosial yang Anda miliki. Jangan lupa untuk menyisipkan kode referral Anda di konten Anda.
  3. Orang-Orang Menggunakan Kode Referral Anda
    Ada orang yang membeli produk menggunakan kode referral yang Anda letakkan di media promosi Anda.
  4. Dapatkan Komisi
    Setelah itu, Anda akan mendapatkan komisi jika ada orang yang membeli melalui link yang Anda letakkan di blog dan media sosial Anda.
Cukup mudah bukan?
Cara kerja affiliate marketing yang saya jelaskan di atas adalah yang paling umum dan perlu diingat bahwa alur kerja di setiap perusahaan penyedia affiliate marketing bisa berbeda-beda. Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program afiliasi. 

Kelebihan Affiliate Marketing


1. Proses Mudah

Setiap perusahaan penyedia program affiliate marketing mempunyai syarat dan ketentuan berbeda-beda. Namun, umumnya semua perusahaan menerapkan cara kerja affiliate marketing yang sama. Anda mendaftar sebagai affiliate marketer, lalu mempromosikan produk, dan terakhir mendapatkan komisi jika ada yang membeli melalui link atau banner Anda.

2. Biaya Murah

Ada dua jenis perusahaan penyedia program afiliasi. Pertama adalah perusahaan yang tidak memberikan syarat harus membeli produk perusahaannya untuk mendaftar program afiliasinya. Jenis kedua adalah perusahaan yang mensyaratkan harus membeli produknya untuk bisa mendaftar di program affiliate marketing.
Jika ingin mengikuti program afiliasi dari perusahaan jenis kedua, sebaiknya pilihlah produk yang memang Anda butuhkan. Dengan begitu Anda bisa memenuhi kebutuhan sekaligus mendapatkan uang dari produk yang dibeli melalui affiliate marketing.

3. Bisa Jadi Passive Income

Passive income atau penghasilan pasif kini tidak hanya bisa didapatkan dari bisnis kontrakan saja. Affiliate marketing juga bisa menjadi passive income Anda. Dengan satu postingan Anda bisa menghasilkan uang dari orang-orang yang membeli produk melalui link atau banner Anda.  

4. Tidak Terbatas pada Satu Affiliate Marketing

Mungkin mengikuti program afiliasi dari satu perusahaan belum cukup bagi Anda. Tenang saja karena Anda bisa mendaftar program afiliasi dari perusahaan lain selama tidak bertabrakan dengan syarat dan ketentuan dari perusahaan lainnya.

5. Jam Kerja Fleksibel

Ketika bisnis afiliasi anda sudah stabil, maka Anda dapat memutuskan untuk menjadikan bisnis afiliasi sebagai sumber pendapatan utama. Secara otomatis jam kerja Anda menjadi fleksibel karena tidak terikat dengan waktu. Dengan menjalankan bisnis ini tidak ada patokan lama bekerja. Apabila sudah dirasa cukup, Anda dapat bersantai dengan teman atau keluarga.

6. Mendapatkan ilmu baru

Tentu saja Anda menginginkan bisnis afiliasi yang telah dibangun terus berkembang. Dengan jam kerja yang fleksibel tanpa ada patokan lamanya bekerja, dapat Anda manfaatkan waktu luang untuk memperdalam kembali ilmu Anda tentang bisnis afiliasi.

Siapkan 3 Hal Ini Sebelum Memulai Affiliate Marketing!

Tidak banyak yang Anda butuhkan untuk mengikuti program afiliasi. Setiap perusahaan bisa berbeda-beda syarat dan ketentuannya. Namun, ada beberapa hal umum yang pasti dibutuhkan untuk semua program afiliasi:

1. Media Promosi

Tentu Anda membutuhkan media promosi karena yang akan Anda lakukan adalah mempromosikan produk. Anda bisa memanfaatkan blog, media sosial, atau channel YouTube untuk mempromosikan produk affiliate marketing Anda. Pastikan media promosi yang Anda gunakan adalah media yang diperbolehkan oleh penyedia program afiliasi.
Jika Anda belum punya blog, tidak perlu khawatir. Sebab membuat blog kini lebih mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Anda bisa mengikuti panduan Cara Membuat Blog dan Anda bisa langsung memulai program affiliate marketing Anda.

2. Pengetahuan tentang Produk

Jangan sampai Anda memberikan informasi tidak benar mengenai produk. Informasi atau spesifikasi yang tidak sesuai akan menurunkan kepercayaan calon pembeli. Tingkat kemungkinan untuk membeli melalui referral Anda juga kecil karena informasi yang Anda berikan salah. Jadi pelajari baik-baik produk yang akan Anda promosikan agar review Anda dianggap reliable/terpercaya oleh calon pembeli.

3. Kemampuan untuk Promosi

Mungkin Anda belum pernah mempromosikan produk apa pun sebelumnya. Tidak apa karena Anda bisa belajar sambil mempraktikkannya. Anda bisa mempelajari cara promosi produk dari affiliate marketer lain, dari blog-blog pakar internet marketer, dan lainnya. Beberapa perusahaan bahkan ada yang menyediakan kelas untuk para anggota program afiliasinya. Jadi tidak perlu khawatir jika Anda tidak punya pengalaman mempromosikan produk karena Anda bisa mempelajarinya.

Cara Menjalankan Affiliate Marketing yang Sukses

Memulai affiliate marketing bukan hal yang sulit. Selama Anda memiliki media promosi dan kemauan untuk mempelajari affiliate marketing, Anda bisa menghasilkan dari komisi penjualan. Berikut adalah tujuh tips untuk menjalankan affiliate marketing yang menghasilkan:

1. Buat Review yang Personal

Anda bisa saja membuat review produk tanpa perlu benar-benar menggunakannya. Namun, isi kontennya akan sama dengan review-review produk yang sama yang bertebaran di internet. Tambahkan nilai lebih di review dengan pengalaman Anda menggunakan produk yang Anda promosikan. Dengan begitu review Anda memiliki nilai personal yang tidak bisa ditemukan di review-review lain.

2. Jangan Fokus Mendapatkan Komisi Saja

Tujuan utama Anda memang untuk menghasilkan uang dari program afiliasi. Namun, bukan berarti Anda bisa mengabaikan kebutuhan pembaca Anda. Yang dicari pembaca ketika mencari produk bukan sebatas informasi harga dan spesifikasi saja. Mereka juga mencari pengalaman orang-orang yang sudah menggunakan produk yang ingin mereka beli. Mereka butuh pertimbangan dari orang lain untuk menentukan membeli sebuah. Review produk adalah sarana Anda untuk membantu mereka menentukan produk yang paling cocok untuk mereka.   

3. Buat Review yang Menarik

Walaupun program afiliasi bisa dianggap sebagai pekerjaan sampingan, bukan berarti Anda bisa melakukannya setengah-setengah. Buat review semenarik mungkin. Berikan pengalaman Anda ketika menggunakan produk. Tambahkan gambar produk dengan kualitas tinggi. Jika diperlukan, Anda juga bisa membuat infografik sederhana tentang produk yang Anda promosikan. Intinya adalah buat konten promosi semaksimal mungkin.

4. Perhatikan SEO

Konten review yang menarik akan lebih baik lagi ketika didukung SEO yang optimal. Temukan keyword yang banyak dicari terkait produk yang akan Anda promosikan melalui riset keyword. Kemudian buat konten review sesuai kaidah SEO. Dengan begitu review Anda bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian dan memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk diklik dan dibaca.

5. Pahami Target Audience

Pahami apa yang dibutuhkan oleh calon pembeli produk yang Anda promosikan. Cari tahu apa pertanyaan yang sering mereka ajukan mengenai produk yang Anda promosikan melalui media sosial dan forum-forum. Setelah itu, jawab pertanyaan-pertanyaan mereka tentang produk yang Anda promosikan melalui review yang Anda buat.

6. Fokus pada Niche Tertentu

Anda memang bisa mengikuti banyak program afiliasi dalam waktu bersamaan, tapi bukan berarti Anda bisa asal mendaftar program afiliasi. Pilihlah produk yang sesuai dengan niche/tema blog Anda. Misalnya, Anda mengelola blog dengan niche teknologi maka sebaiknya produk-produk yang Anda promosikan adalah produk teknologi. Jika blog Anda nichenya adalah fashion, sebaiknya Anda mendaftar program afiliasi dari perusahaan fashion juga.
Fokus pada niche tertentu adalah strategi untuk membangun kepercayaan pembaca. Tentu mereka lebih percaya pada review-review yang ditulis oleh ahlinya. Dengan fokus pada niche tertentu Anda secara tidak langsung membangun narasi bahwa Anda ahli di bidang tersebut.

7. Berikan Call to Action

Tujuan utama Anda dari mendaftar program affiliate marketing adalah agar orang-orang menggunakan kode referral Anda. Hanya dengan kode referral tersebut perusahaan penyedia afiliasi bisa mengidentifikasi kalau orang-orang membeli produknya melalui Anda.
Untuk memberi perintah kepada pengunjung untuk memakai kode referral Anda, Anda membutuhkan CTA atau Call to Action. Call to Action adalah petunjuk atau perintah kepada pengunjung untuk melakukan suatu tindakan, dalam hal ini adalah menggunakan kode referral Anda. CTA dapat berupa gambar atau teks. Berikut adalah contoh CTA menarik yang bisa dijadikan referensi untuk CTA afiliasi Anda;
affiliate marketing

Contoh Perusahaan Afiliasi di Indonesia

Program afiliasi bukan hal asing di dunia marketing. Sudah banyak perusahaan baik dari luar negeri maupun dalam negeri yang menyediakan program afiliasi. Amazon, eBay, dan Rakuten adalah beberapa perusahaan penyedia program afiliasi dari luar negeri.
Perusahaan Indonesia pun juga banyak yang menyediakan program afiliasi. Dari Bukalapak, BliBli, Tokopedia, Matahari Mall, Tiket.com, hingga Niagahoster menyediakan program afiliasi dengan komisi bermacam-macam.
Salah satu program affiliate marketing Indonesia dengan keuntungan besar adalah Niagahoster. Niagahoster menawarkan program afiliasi dengan komisi 70 persen. Angka 70 persen terhitung besar, mengingat paket pembelian shared hosting yang bisa mencapai jutaan. Bayangkan jika ada yang membeli hosting di Niagahoster melalui referral Anda dengan harga 1,5 juta. Anda bisa mendapatkan 70 persen dari penjualan tersebut, yaitu 1,05 juta. Jika ada dua pembeli, Anda bisa mendapatkan sekitar 2 juta dari satu afiliasi saja.
affiliate marketing

Kesimpulan

Affiliate marketing adalah solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan uang dari internet dengan mudah. Affiliate marketing dapat dilakukan oleh siapa saja, selama punya niat dan kemauan untuk mempelajari affiliate marketing. Anda bisa menjadikan affiliate marketing sebagai penghasilan tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama Anda.

0 komentar:

Posting Komentar